Saat Kaki Tak Mampu Beranjak

Sekitar tahun 2004-2005, pernah naik kereta dari Stasiun Kebumen dan turun di Stasiun Jatinegara. Perjalanan menempuh waktu sekitar 9 jam. Dari mulai berangkat sampai menjelang turun di Sta. Jatinegara, saking sesaknya harus berdiri, sedikitpun tak mampu menggeser kaki sekedar untuk mengurangi pegal.

Jauh sebelumnya, di tahun 1997, pernah naik bus dari Bandar Lampung menuju Semarang. Kondisi sama, harus berdiri selama perjalanan menempuh waktu lebih dari sehari semalam. Tidur pun mesti berdiri. Hanya sempat istirahat di saat bus berhenti di rumah makan dan saat naik kapal menyeberangi Selat Sunda. Melelahkan? Sangat!

Lantas terbayang, bagaimana nanti kondisi di hari Perhitungan, saat matahari didekatkan, kepanasan. Ya, saat kaki-kaki manusia tak mampu beranjak, menunggu selesainya “perhitungan” dan “pertanggung-jawaban” kelakuan mereka di dunia.

Rasulullah shallallohu ‘alaihi wa sallam pernah sampaikan (artinya) :

Tidak akan bergeser dua telapak kaki seorang hamba pada hari kiamat sampai dia ditanya (dimintai pertanggungjawaban) tentang umurnya kemana dihabiskannya, tentang ilmunya bagaimana dia mengamalkannya, tentang hartanya; dari mana diperolehnya dan ke mana dibelanjakannya, serta tentang tubuhnya untuk apa digunakannya” [H.R. At-Tirmidzi, terjemah disalin dari muslim.or.id].

Untuk persiapan menghadapi kedahsyatan hari tersebut, Rasulullah telah memberitahukan bekal apa yang bisa dibawa untuk mengurangi kesulitan yang dirasakan. Di antaranya sebagaimana yang Beliau sabdakan (artinya) :

“Barangsiapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang Mukmin, maka Allâh melapangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat…” [H.R. Muslim, terjemah disalin dari almanhaj.or.id].

Iklan

Silakan berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s